Monday, December 08, 2003

"Perawatan Rambut Bagi yang Berkerudung"

Mengenakan kerudung maupun jilbab di cuaca panas seperti di Indonesia ini jika salah memilih bahan kerudung, bisa mengakibatkan bisa mengakibatkan gangguan pada kulit kepala dan bahkan bisa terjadi kerontokan rambut. Untuk itu jangan pernah lupa untuk selalu merawat rambut Anda. B agi Anda yang kerap mengenakan kerudung, ataupun juga mengenakan jilbab seringkali mengabaikan perawatan rambut. Alasannya simpel, karena tertutup rapat banyak yang beranggapan kondisi rambut tetap bersih karena terhindar dari debu dan kotoran lainnya. Padahal yang namanya kotoran atau bakteri itu bisa hadir karena faktor kelembapan di bagian kulit kepala. Masalah seperti ini tentunya harus mendapatkan perhatian yang scrius. Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut.

Keramas Perlu diingat bahwa iklim tropis seringkali membuat kita berkeringat. Nah, keringat yang menempel terus menerus (karena rambut dalam keadaan tertutup) ini bisa menimbulkan masalah, salah satu contohnya ketombe. Jika Anda setiap hari mengenakan kerudung disarankan untuk keramas tiap hari agar rambut tetap terjaga kebersihannya. Untuk itu, gunakan shampoo yang lembut agar tidak membuat rambut jadi kering. Untuk kondisioner, sebenarnya tidak diharuskan untuk menggunakannya di tiap kali keramas. Malahan, hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi lepes (lemas dan berminyak), apalagi rambut tiap hari dalam keadaan berkeringat dan tertutup. Mengeringkan Rambut, hal ini sangat penting bagi rambut yang hampir setiap hari terbungkus. Dalam keadaan setengah kering dapat menyebabkan timbulnya bau yang kurang sedap. Dan keadaan ini menyebabkan kondisi rambut dalam keadaan lembap. Hal ini juga berlaku pada rambut basah akibat berkeringat. Jangan biarkan rambut basah karena keringat tertutup terus menerus. Keringkan segera dengan cara diangin-anginkan maupun dengan menggunakan pengering rambut.

Pemijatan, pemijatan rambut sesekali tak ada salahnya dilakukan. Hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala . Cobalah untuk menggunakan tonik rambut ketika melakukan pemijatan. sehingga Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu melancarkan peredaran darah di kulit kepala sekaligus memberi nutrisi pada akar rambut untuk menyehatkan dan merangsang pertumbuhannya. Gunakan tonik khusus ketombe, karena tonik ini biasanya terdapat kandungan bahan peluruh kulit seperti asam salisilat (misalnya Ristra Hair Tonic) yang mampu untuk membasmi/ meluruhkan ketombe. Jangan pernah menggunakan ujung - ujung kuku ketika memijat agar kulit kepala tidak luka. Luka yang tidak nampak ditambah dengan rambut yang dalam keadaan tertutup akan menyebabkan timbulnya bau tidak sedap pada rambut.

Penyisiran, berhubung rambut selalu dalam keadaan tertutup, bukan perlu menyisirnya. Menyisir rambut sebelum menggunakan kerudung akan mencegah rambut jadi kusut. Juga menyisir rambut akan menjaga kesehatan rambut karena hal ini akan membuat minyak alami rambut menyebar dengan rata, sekaligus melancarkan peredaran darah di kepala. Tips pemakaian kerudung agar terhindar dari gangguan diantaranya a. Sebisa mungkin, gunakan kerudung dari bahan alami tipis dan berpori-pori seperti katun agar masih terjadi sirkulasi udara dan tentu siap menyerap keringat. b. Sebelum mengenakan kerudung sebaiknya kenakan dulu topi kening agar yang tidak langsung menempel pada dahi, hal ini untuk menghindari timbulnya jerawat di seputar kening. c. Jika rambut Anda barponi, sisir kebelakang dan jepit sebelum mengenakan kerudung yang rapat agar tidak menimbulkan jerawat di seputar dahi

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home