Friday, April 30, 2004

"Kajian Muslimah Trend Muslimah 2004


Oleh : Ummu Ghaida Mutmainnah (Teh Ninih)


Bismillaahirrahmaanirrahiimi,
Pada tahun 2004 ini banyak sekali fenomena yang terjadi, diantaranya mengenai mode pakaian terutama buat wanita. Pakaian yang mini sudah mulai menjadi mode lagi. Pada zaman ini banyak trend pakaian yang membuka aurat. Acara di televisi banyak berupa film misteri, dan juga tayangan-tayangan yang menampakkan aurat dan lainnya. Kejadian-kejadian tersebut merupakan pekerjaan rumah untuk muslimah. Oleh karena itu sebagai muslimah harus dapat menjadi solusi dari keadaan yang seperti ini, minimal mempunyai dua kekuatan yaitu kecerdasan dan keikhlasan.

Setiap muslimah harus cerdas, karena kalau muslimah tidak memiliki kekuatan kecerdasan akan mudah terperdaya oleh berbagai tipu muslihat. Trend baju yang membuka aurat bagi muslimah ini akan menjauhkan dari keimanan. Kekuatan keimanan bagi muslimah harus selalu dipupuk baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah.

Untuk mengasah kecerdasan kita, maka perlu memupuknya dengan membaca. Namun bagi yang sudah membaca kadang kala kita tidak mengerti apa yang kita baca dan kalaupun sudah membaca tidak tahu apa yang perlu saya lakukan setelah membaca. Untuk itu dalam tahun 2004 kita sebagai muslimah perlu memupuk trend sendiri. Bagaimana kita menutup aurat kita menjadi lebih baik, bagaimana trend kendaraannya dan yang lainnya. Jangan sampai kita seperti wanita pada umumnya yang tidak mengenal waktu shalat.

Trend muslimah tahun 2004 adalah seorang muslimah yang pintar, cerdas, tetapi tetap tawadhu, rendah hati, dan seorang yang kaya, akan tetapi tidak tamak. Dia dititipi oleh Allah SWT rizki dan digunakan secukupnya untuk kebutuhan pribadi, dan selebihnya untuk kemaslahatan orang lain. Penampilannya yang cantik karena adanya perawatan, yang terpancar dari hati yang bersih, bukan karena hanya kecantikan lahiriah saja. Perawatan ini juga ada pada perawatan kulit yang bersih dan suci karena adanya air wudhlu yang selalu dijaga.

Yang membuat muslimah cerdas adalah karena muslimah tersebut mau mendengar. Salah satu kebiasaan yang mencerdaskan adalah kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca perlu kita pupuk sehingga bacaan yang kita lihat membuat kita juga tertarik untuk mengamalkannya sebagaimana kita melihat makanan yang lezat sehingga kita tertarik untuk menikmatinya. Ambil judul buku yang sesuai dengan keperluan kita. Kalau kita khawatir akan sesuatu maka usahakanlah mendapatkan bacaan akan hal tersebut, sehingga mempunyai solusi untuk permasalahan kita.

Untuk membaca sebuah buku, kita memerlukan teknik agar tidak pusing ketika membaca terlalu banyak. Karena membaca buku tidak perlu terlalu banyak. Usahakan membaca buku sedikit saja tetapi berbobot. Berdo’alah sebelum membaca buku, karena mungkin jarang sekali kita melakukan itu. Selain mencari buku yang sedang kita butuhkan, siapkan juga buku dan alat tulis, sehingga kita mempunyai catatan dan bisa merencanakan program apa yang harus dilakukan.

Pada waktu membaca kita harus membuat catatan-catatan penting yang kita ambil dari hasil membaca. Sebagi contoh jika kita membaca mengenai orang-orang terdahulu yang rajin melakukan shalat malam, kemudian direnungkan bagaimana kita dapat melakukan shalat malam seperti apa yang dilakukan orang-orang tersebut. Dengan demikian Insya Allah kaum muslimah akan menjadi cerdas.

Usahakan ketika kita pergi kemanapun untuk membawa buku bacaan yang disenangi dan mudah untuk dibaca. Manfaatkan waktu luang yang ada dengan membaca, jangan digunakan untuk melamun atau menggunjing. Hal ini juga akan sangat berguna ketika kita berada dalam kemacetan selama perjalanan, sehingga hasil dari kemacetan adalah pengetahuan kita semakin bertambah.

Buku adalah salah satu guru kita selain guru yang bisa kita temui secara langsung. Karena dari buku ini kita bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang luas. Berguru melalui buku ini tidak dikejar melalui waktu tertentu. Dan sebagai muslimah ini sangat bermanfaat, karena pengetahuan yang didapat bisa disampaikan kepada anak-anak kita. Sehingga pendidikan dan pengetahuan anak-anak semakin bertambah. Kalau kita hamil maka perilaku anak kita ketika tumbuh akan tercermin dan meniru perilaku kita saat hamil, karena anak adalah peringatan Allah. Bacaan yang dipelajari akan memberikan keterampilan dan inspirasi untuk menjadi seorang anak yang cerdas.

Kekuatan lain yang perlu dikembangkan menjadi trend muslimah 2004 adalah kekuatan keikhlasan. Ikhlas disini adalah ketika kita ingin menjadi muslimah yang cerdas dan padai diniatkan untuk ibadah kepada Allah SWT. Jangan sampai amal kita diniatkan untuk selain Allah SWT, misalkan popularitas dan lainnya. Keikhlasan akan memberikan makna kepada ilmu yang kita miliki. Ilmu bisa mencelakakan kita jika tidak diniatkan untuk beramal dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Ikhlas ini dapat kita latih dengan teratur dan istiqomah. Sehingga muslimah yang cerdas adalah yang ikhlas ketika beramal dalam rangka ibadah kepada Allah SWT semata. Insya Allah.

Alhamdulillaahirabil’alamin..

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home